Cara Menangkal Virus Malware WannaCry

22:33

Serangan masif ransomware WannaCry memang menarik perhatian dunia teknologi akhir-akhir ini. Malware yang memiliki nama asli WannaCrypt ini menyandera data pengguna dengan mengenkripsi data pengguna. Indonesia pun tak luput dari serangan tersebut. Namun, akhir-akhir ini diketahui antivirus lokal mampu mengatasi masalah ini.

Antivirus buatan lokal yag dimaksud adalah Smadav. Secara umum, aplikasi penangkal virus buatan Zaenudin Nafarin ini memang tak memiliki fitur sebanyak antivirus internasional, tetapi kemampuannya tak bisa dipandang remeh. Pertanyaannya, apakah WannaCry ini mampu diatasi oleh Smadav ?

Smadav belum lama ini telah melakukan update untuk menghadirkan fitur keamanan untuk mencegah serangan WannaCry. Fitur tersebut adalah kemampuan untuk menonaktifkan fitur SMB. Juga tersedia tool Anti Ransomware pada Smadav ini dengan kehadiran pengaturan eksekusi Windows Script seperti VBS, JS, dan Powershell.

Seperti yang sudah Sidomi News sampaikan sebelumnya, malware berjenis ransomware ganas bernama WannaCry telah menyebar di 99 negara dalam waktu dua hari saja. Nama asli malware Wannacry ini sebenarnya adalah WannaCrypt. Julukan wannacry ini muncul karena korban dibuat hampir menangis karena file-file miliknya telah dienkripsi oleh WannaCrypt dan meminta tebusan senilai $300 dalam bentuk Bitcoin.

WannaCry cepat menyebar karena memanfaatkan celah yang ada di sistem operasi Windows. Belum diketahui apakah ransomware ini juga menyerang OS lain seperti Linux dan Mac OS atau tidak. Microsoft sendiri sebenarnya sudah mengantisipasi kemunculan serangan semacam Wannacry dengan merilis patch keamanan melalui Windows Update.
Previous
Next Post »
0 Komentar