8 Cara Manfaatkan PC Tua Untuk Dijadikan Server

19:16
Beberapa tahun belakangan, tren penggunaan PC dan laptop sempat tinggi, sampai kemudian untuk yang pertama kalinya kemunculan smartphone akhirnya memutuskan tren tersebut. Sampai saat ini penjualan PC secara global terus mengalami penurunan, seperti yang dikutip dari IDC sebagai lembaga riset pasar di Amerika.

Itu artinya mungkin sebagian dari kita memiliki komputer pribadi yang sekarang sudah jarang terpakai. Karena alasan lambat dan tidak bisa dibawa ke mana-mana, mungkin membuat kalian ingin membuangnya atau menempatkannya di gudang. Begini cara memanfaatkan PC tua, daripada membiarkan PC tua tersebut tidak berfungssi, akan lebih baik memanfaatkannya menjadi sesuatu yang berguna.

foto komputersuggest

8 Cara Memanfaatkan PC Tua! Bisa Jadi Server Pribadi Loh!

1. Uji Coba OS Terbaru yang Lebih Ringan

Kalian suka mencoba hal baru? Melakukan instalasi OS terbaru ke PC tua akan membuat komputer tersebut terlihat fresh dan seperti baru. Ada banyak pilihan sistem operasi alternatif berbasis Linux yang bisa dicoba, misalnya yang populer adalah Ubuntu, SD, dan PinguyOS.

Walaupun OS tersebut sifatnya open-source, kita tetap bisa mendapatkan tampilan seperti Windows. Kebanyakan OS yang gratis tersebut juga sudah dilengkapi dengan jutaan paket software yang bisa digunakan. Selain itu, OS tersebut juga mampu bekerja pada hardware yang lama. Ada juga OS khusus yang dirancang untuk anak-anak seperti Qimo, DouDou, Sugar, dan Edubuntu.

Kalau mau yang lebih kekinian lagi, mungkin kalian bisa membuat Chromebook versi sendiri di rumah menggunakan PC tua. Walaupun Chrome OS ini tidak dijual dan didistribusikan secara publik, kita tetap bisa menjajal proyek 'Chrome open-source'. Cara mendapatkannya juga tidak sulit, kalian bisa download secara gratis melalui situs ArnoldTheBat.

Selengkapnya silahkan klik di sini
Previous
Next Post »
0 Komentar