Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Web (SIG)

21:05
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB UNTUK PENUNJUK PERJALANAN WISATA DI SURABAYA

 1. Deskripsi

Pengembangan Sistem Informasi Geografis berbasis web untuk aplikasi perjalanan wisata saat ini masih

sangat terbatas. Terutama di Indonesia dan khususnya untuk Surabaya. Kebanyakan aplikasi tersebut sebatas menampilkan peta statis, sehingga user tidak bisa berkomunikasi secara interaktif.

Dalam jurnal ini dibuat aplikasi perjalanan wisata berbasis web yang dapat digunakan sebagai alat bantu bagi para wisatawan untuk dapat melakukan perjalanan secara efektif dan mudah. Aplikasi ini menggunakan script Avenue untuk mengintegrasikan ArcView GIS sebagai map server dan ArcView IMS sebagai internet map servernya.

Untuk pengolahan hasilnya digunakan Network Analyst yang dikombinasikan dengan algoritma pencarian rute

Bubble Sort.

Aplikasi ini menghasilkan sistem penjadwalan terbaik pada lama perjalanan dan waktu tutup obyek wisata, juga pemberian saran tentang jadwal keberangkatan dan lama wisata yang sebaiknya dilakukan. Wisatawan akan memperoleh rute beserta petunjuk jalannya. Di samping itu juga informasi tentang fasilitas-fasilitas terdekat dari

obyek wisata sewaktu dilakukan pemberhentian dan informasi umum bidang pariwisata.

2. Analisis Jurnal

Untuk karakteristik menggunakan Komponen dari ArcView IMS, yang meliputi ekstensii IMS untuk ArcView, ekstensi ESRIMap web server, MapCafe. Serta dalam aplikasi pembuatan nya menggunakan PHP karena kekuatan PHP yang paling utama adalah untuk konektivitas database dengan web. Dengan PHP, membuat aplikasi web yang terkoneksi ke database menjadi sangat mudah, yang tentunya dalam Sistem database yang didukung menggunakan PHP saat ini banyak sekali seperti Oracle, Sybase, MySQL, mSQL, Solid, Generic ODBC, dBase, Unix dbm, semua database dengan interface ODBC.

Untuk teknologi menggunakaan ArcView GIS yaitu software untuk mapping dan desktop GIS yang mempunyai kemampuan untuk visualisasi, eksplorasi, query dan analisa data secara geografis. ArcView GIS menyediakan fungsi pemetaan dasar dan kemampuan mengolah data spasial yang kompleks sedetail mungkin sehingga pemakai dapat dengan mudah membuat peta untuk menampilkan, mengintegrasikan serta melihat data.

Avenue merupakan bahasa scripting berorientasi obyek yang berada di dalam ArcView GIS dan dapat digunakan untuk membantu aplikasi dalam pengolahan data. ArcView Network Analyst membantu memprediksi alir resources atau menentukan aksesibilitas dari sebuah site menggunakan jaringan geografis. Network Analyst mampu menyelesaikan bermacam problem routing, menemukan fasilitas terdekat, menemukan jarak ke semua fasilitas, menemukan lokasi yang mudah dicapai ke suatu fasilitas menggunakan service areas dan networks.

3. Kesimpulan

- Untuk mendapatkan rincian penjadwalan wisata yang interaktif dan mudah digunakan pengguna, dibutuhkan atribut-atribut jadwal keberangkatan, pemberhentian, lama wisata, peringatan.

- Perlu adanya fasilitas yang dapat memberikan saran bagi pengguna sebagai alternatif dalam pengambilan keputusan untuk mengurangi atau menambah tempat wisata yang akan dikunjunginya.

- Rincian penjadwalan yang interaktif dapat diaplikasikan dengan ArcView IMS dalam bentuk web yang dapat menampilkan rute beserta petunjuk jalannya.

4. Saran

- Perlu ditambahkan tool-tool lain pada web untuk kemudahan dalam penavigasian peta.

- Perlu digunakan alternatif algoritma yang lain untuk pengembangan lebih lanjut.

Previous
Next Post »
0 Komentar